Translate

Wednesday, October 24, 2012

Kota Alexandria Kuno Dibuat Sejajar dengan Matahari

Kota Alexandria Kuno Dibuat Sejajar dengan Matahari

Yoga Hastyadi Widiartanto - Okezone
Selasa, 16 Oktober 2012 16:04 wib
detail berita
ilustrasi Alexandria kuno (foto: Live Science)
ALEXANDRIA - Kota Alexandria di zaman kuno dibuat agar sejajar dengan arah Matahari terbit tepat pada hari kelahiran Alexander the Great.

Alexander the Great adalah raja Macedonia yang memimpin kerajaan yang membentang dari Yunani sampai Mesir dan sungai Indus. Dia mendirikan kota Alexandria pada 331 sebelum masehi.


Dilansir dari Live Science, Selasa (16/10/2012), archaeoastronomer di Politecnico of Milan, Giulio Magli mengatakan kota Alexandria kuno dirancang di sekitar sebuah jalan utama yang disebut Canopic Road.


Penelitian mengungkap bahwa rancangan jalan kuno tersebut tidak dibuat sesuai dengan topografi setemoat, misalnya dengan membentangkannya sejajar garis pantai. Tapi pada hari kelahiran Alexander the Great, Matahari abad ke-4 terbit di jalur yang hampir sejajar dengan jalan itu.


Untuk menemukan hal tersebut, Magli bersama rekannya Luisa Ferri menggunakan piranti lunak komputer untuk menyimulasikan posisi Matahari pada abad ke-4 sebelum masehi. Mereka juga menyesuaikannya berdasarkan hari kelahiran Alexander the Great.


Berdasarkan kalender Julian, Alexander the Great lahir pada 20 Juli 356 sebelum masehi. Pada hari tersebut, di abad ke-4, Matahari terbit sejajar dengan rute jalan utama kota Alexandria dan hanya meleset kurang dari setengah derajat.


Menurut Magli, tindakan menyelaraskan arsitektur dengan astronomi merupakan hal yang umum di dunia kuno. Dia juga mengungkap, keselarasan kota Alexandria dengan Matahari dilakukan sebagai simbol kekuatannya.


"Menyejajarkan kota (Alexandria) dengan Matahari di hari kelahiran Alexander adalah cara untuk mengikatkan simbol kekuatannya pada proyek arsitektural," ujarnya.
(yhw)

No comments:

Post a Comment